PT Best Profit Futures Malang

Dolar Menguat Akibatkan Emas Turun Dari Level 2-Pekan Tertingginya

gold-wiki-wiki-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG (18/11) – Emas berjangka turun dari level tertingginya karena mata uang dolar membatasi permintaan bulan ini terhadap logam mulia sebagai alternatif investasi. Sementara perak turun tajam dalam sepekan.

Dalam pekan yang berakhir 11 November kemarin, posisi beli bersih emas berjangka di Comex dan opsi turun 14 persen, menurut data pemerintah yang menunjukkan pada 14 November lalu. Holdings turun 49 persen dalam tiga pekan terakhir, merupakan level tertinggi sejak Desember tahun lalu. Sementara aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa mendukung penurunan logam ke level terendah sejak Mei 2009 silam, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Emas untuk kedua kalinya menuju penurunan tahunan. Sementara hari ini, dolar mendekati level tertinggi dalam lima tahun terakhir terhadap 10 mata uang utama. The Federal Reserve mendekati kenaikan suku bunga AS pertamanya dalam delapan tahun terakhir, sedangkan negara lainnya mengumumkan stimulus mereka.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,2 persen ke level $ 1,183.50 per ounce pukul 1:37 siang di Comex New York. Sebelumnya, harga mencapai level $ 1,193.60, merupakan level tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 31 Oktober lalu. (vck)

Sumber: Bloomberg