PT Best Profit Futures Malang

Diserbu Sentimen Negatif, Harga Emas LLG Turun

Ilustrasi+Emas

Harga emas spot LLG dan berjangka kembali membukukan pelemahan di penutupan perdagangan dini hari tadi (8/5). Harga logam mulia terpukul mundur untuk dua hari berturut-turut akibat pergerakan dollar AS yang mulai stabil. Kenaikan yield obligasi di Amerika Serikat juga turut menjadi sentimen negative pada perdagangan emas malam tadi.

Selama dua sesi berturut-turut harga emas terpental dan kembali mengincar posisi terendah dalam dua bulan. Kenaikan yield obligasi membuat investasi emas yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang diminati oleh para pelaku pasar. Akibatnya permintaan terhadap instrumen investasi ini mengalami penurunan.

Yield obligasi di Eropa dan Amerika Serikat telah mengalami peningkatan seiring turunnya kekhawatiran mengenai deflasi di tengah membaiknya harga minyak mentah. Antisipasi para investor mengenai kenaikan suku bunga acuan Fed tahun ini juga turut mendukung kenaikan yield obligasi.

Dollar malam tadi mengalami kenaikan yang cukup signifikan seiring membaiknya data klaim pengangguran. Klaim pengangguran yang terjadi pekan lalu sebesar 265K, lebih kecil dibandingkan dengan ekspektasi yang berada di level 277K.

Harga emas spot terpantau tergerus oleh berbagai sentimen negatif tersebut. Harga komoditas ini melemah sebesar 0,7 persen dan berakhir pada posisi 1.182 dollar per troy ons. Harga berada di bawah level 1.200 dollar untuk lima hari berturut-turut.

Sementara itu harga emas berjangka juga tampak mengalami penurunan yang lumayan. Harga emas berjangka untuk kontrak Juni mengalami pelemahan sebesar 8,10  dollar dan ditutup pada posisi 1.182,20 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG  hari ini akan bergerak dengan kecenderungan melemah terbatas di sesi Asia. Secara fundamental kinerja harga logam mulia ini masih berpotensi untuk melanjutkan pelemahan.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.175 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.165 dollar.

 

Sumber : Vibiznews