PT Best Profit Futures Malang

Data A.S Lemah, Emas Pertahankan Gain

antam10-700x357

BESTPROFIT FUTURES (10/02) – SINGAPURA “ Komoditi emas bertahan menguat dihari Senin pasca membukukan gain mingguan terbesarnya selama lima pekan terakhir terhadap spekulasi bahwa the Fed akan memperlambat laju pengurangan stimulusnya setelah lemahnya data sektor pekerjaan A.S yang memicu pertanyaan terkait kondisi pemulihan ekonomi.

FUNDAMENTAL

* Spot emas sedikit berubah dilevel $1,266.01 per ons pada jam 00.21 GMT, pasca gain sebanyak 0.7% dalam sesi perdagangan sebelumnya, sementara emas kerap terlihat sebagai sebuah investasi safe-haven.

* Data hari Jumat telah memperlihatkan bahwa penciptaan lapangan kerja A.S telah melambat dengan lebih tajam selama dua bulan terakhir, menjadikannya performa terlemah selama tiga tahun terakhir.

* Hedge fund dan manajer keuangan telah mengurangi net long position mereka terhadap emas berjangka serta opsi pekan lalu, menghentikan kenaikan selama lima pekan terakhir seiring dengan langkah pengurangan stimulus the Fed, berdasarkan data dari the Commodity Futures Trading Commission.

* India, konsumen emas kedua terbesar setelah China, saat ini tidak berencana untuk mengurangi pajak pada impor emas, berdasarkan pernyataan dari seorang junior menteri keuangan dihari Jumat pekan lalu.

* Volume dari emas yang terkirim antara rekening yang dipegang oleh lembaga kliring naik dikisaran 14% menuju rata-rata sebesar 20 Juta ons sehari, sehubungan dengan harga yang lebih rendah memicu minta perdagangan, seperti yang telah dikatakan oleh pihak the London Bullion Market Association. (Reuters)