PT Best Profit Futures Malang

China Gelisah Hadapi Kemungkinan Keluarnya Inggris dari Uni Eropa

ED5906D5-5211-4297-9CD4-A9B848C26A9A_w640_r1_s

BESTPROFIT FUTURES MALANG (3/6) – Politisi China dan kalangan pebisnis cemas menghadapi referendum mendatang di Inggris terkait keanggotaan negara itu dalam Uni Eropa. Beberapa tokoh terkemuka, termasuk Presiden China Xi Jinping, mengatakan Inggris seharusnya tidak keluar dari kelompok regional itu karena mereka melihat Inggris sebagai sebagai pintu gerbang ke pasar Eropa secara keseluruhan.

China memiliki alasan politik dan ekonomi terkait kekhawatiran bahwa rakyat Inggris akan memilih meninggalkan Pasar Tunggal Eropa dalam referendum pada 23 Juni. Para politisi Inggris telah berusaha membujuk Uni Eropa agar mengubah sikapnya terhadap China pada beberapa isu yang berbeda, seperti memberikan China status ekonomi pasar bebas.

Tahun lalu, Inggris menjadi negara Eropa pertama yang bergabung dengan Infrastructure Asia Investment Bank, atau AllB, yang disponsori China. Langkah ini dikecam oleh Amerika Serikat, yang menghindar dari bank pembangunan itu. Langkah ini juga mendorong beberapa negara Eropa, termasuk Jerman dan Perancis, untuk bergabung dengan AIIB, memberikan Beijing status yang tinggi dalam dunia keuangan.

China pekan lalu memilih London, bukan New York, untuk meluncurkan obligasi yuan pertama di luar negeri selain Hong Kong, yang merupakan bagian dari wilayahnya sendiri. Ini, kata para pengamat, adalah salah satu di antara banyak isyarat yang telah dikirim Beijing tentang semakin pentingnya London sebagai pusat keuangan yang berpengaruh di dunia.

Source : VOA

BESTPROFIT FUTURES MALANG