PT Best Profit Futures Malang

Cara Unik Menghajar Virus Flu

Tahun ini berapa kali Anda diserang flu? jawaban dari pertanyaan ini mungkin mudah Anda ingat karena berkaitan dengan berapa kali Anda mengalami hidung ‘mbeler’ saat meeting dengan atasan.

Seseorang di antara Anda pasti akan menyeletuk,” selama bukan flu burung atau flu singapura yang lagi ngetren itu, terkena 10-15 kali penyakit flu adalah jumlah yang wajar.”

Flu atau pilek biasa barangkali tidak begitu menakutkan, bahkan bisa menjadi alasan populer untuk bolos kerja. Tapi jika Anda terserang flu sampai 20 kali dalam setahun ini tandanya Anda patut waspada pada kesehatan Anda.

Ada hari yang biasanya terjadi flu massal, yang melibatkan 70 persen rekan sekantor dan 100 persen orang-orang yang tinggal bersama kita di rumah. Bayangkan jika flu burung atau flu singapura yang menjadi pandemik, ini tentu sangat membahayakan.

Begitu dekatnya flu dengan kehidupan kita, membuat setiap orang punya caranya sendiri untuk mengatasi penyakit ini. Beberapa orang akan mengatasinya dengan kerokan, minum obat herbal anti masuk angin, minum obat warung dulu baru berangkat ke dokter kalau tidak ada hasil, dan bahkan ada yang makan 5 siung bawang putih dengan harapan penyakit flu segera menyingkir.

Seseorang yang sering terkena flu sistem kekebalan tubuhnya akan menurun, membuat kuman dan bakteri gampang masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit lain. Penyakit lain yang dimaksud adalah bronkhitis dan infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Saat seseorang terkena flu, jalan napas dan paru-parulah yang mengalami penurunan fungsi. Tapi karena letak sistem pernapasan juga berdekatan dengan sistem pencernaan, maka ada juga kemungkinan terkena infeksi saluran pencernaan, infeksi lambung atau infeksi usus.

Nah, untuk mengurangi risiko terkena penyakit flu, berikut 5 trik unik yang bisa Anda coba sebelum flu masuk masa prodormal, yaitu masa di mana virus menunjukkan gejala kadar ringan seperti, gatal di tenggorokan, bersin-bersin, dan nyeri otot.

Sarapan Antivirus

Para peneliti menyaranakan bahwa sarapan pagi yang tepat dapat menyapu bersih virus penyebab pilek. Peneliti di Belanda menganalisa efek sarapan sebesar 1.200 kalori pada sistem kekebalan tubuh pria dibandingkan dengan pria yang memulai hari tanpa sarapan.

Hasilnya, mereka yang sarapan mengalami kenaikan gamma interferon (zat antiviral alami), pada darahnya hingga 450 persen. Jika perut lapar di pagi hari, zat ini menurun hingga 17 persen.

Tentu yang dikonsumsi pun harus makanan sehat seperti, sereal, susu, sayuran dan buah-buahan. Makanan tersebut kaya akan multivitamin yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus.

Ciptakan Stres

Terdengar ajaib. Tapi akan berhasil. Para peneliti di Ohio University meneliti 34 pria yang melakukan tes memori dan 12 menit menonton video pembedahan. Para ahli kemudian menemukan bahwa SigA (protein ayng berkaitan dengan kekebalan tubuh) meningkat drastis.

Penelitian ini menyimpulkan, biarkan diri Anda mendapatkan stres jangka pendek, terutama stres yang bisa diatasi. Kondisi ini sama dengan Anda mengisi ulang sistem kekebalan tubuh.

“Merespon stres adalah adalah perlindungan normal dari mekanisme perlawanan tubuh,” kata penulis studi Jos. A Bosch Ph.D. “Tubuh Anda mempersiapkan diri pada beragam gangguan dan itu berarti mengaktifkan sumber kekebalan,” tambah Bosch.

Merebus Pembunuh Pilek

Ganti kopi sore Anda dengan teh hijau. Para ahli di Kanada menambahkan teh hijau sebagai sampel laboratorium pada percobaan adenovirus (jenis virus penyebab flu). Mereka kemudian menemukan bahwa zat kimia yang terkandung dalam teh bernama EGCG mampu menghentikan perkembangbiakan adenovirus.

Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari di masa-masa awal terserang flu bisa menjadi solusi tepat mencegah memburuknya penyakit ini.

Isi Ulang Respon Imun

Bukan hanya pulsa yang butuh isi ulang. Tubuh Anda juga butuh mengisi ulang respon imun tubuh. Menurut psikiater sekaligus peneliti kebiasaan tidur di UCLA, Dr Michael Irwin, jika waktu tidur Anda berkurang 40 persen atau lebih, maka efektivitas sistem kekebalan tubuh akan menurun hingga 50 persen.

Agar imunitas tubuh Anda bekerja dengan kekuatan penuh, tidurlah selama 8 jam, waktu terbaik di mana ‘sel pembunuh alami’ yang tangguh menghajar virus-virus tersebut diproduksi secara besar-besaran oleh tubuh.

Ayo Latihan!

Sangat sulit menembak sasaran yang bergerak, seperti virus yang ada dalam tubuh Anda. Para ahli di University of Massachussets meneliti 575 orang dan menemukan fakta bahwa mereka yang aktif secara fisik, 25 persen lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan, ketimbang mereka yang hobi ngemil sambil internetan.

Para ahli percaya, latihan akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, salah satunya dengan meningkatkan produksi sel darah putih.

“Jika Anda berlatih, Anda akan mendapatkan dua hal. Pertama, mengurangi risiko terkena flu. Kedua, jika Anda terkena flu juga, maka latihan ini akan mempercepat penyembuhannya,” terang penulis studi, Charles E Matthews, Ph.D.

Sumber dari id.she.yahoo.com