PT Best Profit Futures Malang

Bursa Sydney Naik ke 5 Minggu Tertinggi; Volume Masih Tipis

australia4-700x357
BESTPROFIT FUTURES (02/01) – Bursa saham Australia pada sesi perdagangan di awal tahun 2014 hari ini tampak mengalami kenaikan yang cukup baik (02/01). Bursa saham Australia merupakan satu-satunya bursa di Asia yang sudah dibuka pagi ini. Bursa Jepang masih libur sedangkan bursa saham Korea Selatan akan dibuka lebih lambat dari biasanya. Bursa saham China juga sudah akan kembali buka hari ini.
Indeks ASX 200 di bursa Sydney mengalami kenaikan hingga mencapai level paling tinggi dalam lima minggu belakangan. Akan tetapi perdagangan hari ini volumenya memang masih tipis karena masih banyak investor yang memilih libur hingga Senin minggu depan.
Terpantau indeks ASX 200 mengalami kenaikan sebesar 23.09 poin atau 0.43 persen hari ini dan berada pada posisi 5357.30 poin. Indeks saham ini berada pada level paling tinggi sejak akhir bulan November lalu seiring dengan kenaikan saham-saham di sektor pertambangan.
Harga tembaga tampak masih berada di kisaran tertinggi dalam empat bulan belakangan. Kenaikan harga tembaga tersebut mendorong kenaikan sebesar 2 persen saham Atlas Iron. BC Iron juga mengalami peningkatan sebesar 0.7 persen.
Sementara itu dollar Australia terpantau mengalami pergerakan yang kembali melemah. Mata uang ini masih berada di bawah level 0.87 dollar setelah PMI China melambat di bulan Desember lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan bursa saham Australia pada perdagangan hari ini akan cenderung menguat terbatas. Untuk hari ini indeks benchmark di bursa saham tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 5320 – 5390 poin.