PT Best Profit Futures Malang

Bursa Seoul Naik Tertatih, Masih Dihambat Kenaikan Won dan Pelemahan Yen

bursaasiamelemah-700x357
BESTPROFIT FUTURES (15/01) – Bursa saham Korea Selatan tampak mengalami kenaikan meskipun tipis saja (15/01). Menguatnya bursa Seoul disebabkan oleh dorongan menguat yang timbul dari Wall Street. Akan tetapi kenaikan won terhadap mata uang rivalnya membuat pergerakan menguat di bursa Seoul sedikit terhambat.
Pada perdagangan hari ini kenaikan di bursa saham Negeri Ginseng juga tertahan oleh mata uang yen yang kembali melemah. Dengan pelemahan yen tersebut produk ekspor dari Korea Selatan mengalami penurunan daya saing.
Hari ini saham-saham lapis biru masih berupaya untuk mengalami kenaikan, meskipun naik dengan tertatih-tatih. Hyundai Motor dan Kia Motors tampak mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0.2 persen. Akan tetapi raksasa teknologi Samsung Electronics justru terpantau melemah sebesar 0.1 persen.
Indeks spot Kospi pada perdagangan hari ini tampak naik terbatas. Indeks spot tersebut mengalami peningkatan sebesar 9.88 poin atau 0.5 persen dan berada pada posisi 1955.95 poin.
Indeks berjangka Kospi 200 tampak dibuka naik tajam. Hari ini indeks berjangka dibuka pada posisi 256.05, naik sebesar 125 poin dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Akan tetapi indeks berjangka tampak kembali bergerak turun dan saat ini berada pada posisi 255.45.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa hari ini indeks berjangka di bursa Korea Selatan akan melanjutkan penurunannya. Untuk hari ini indeks Kospi 200 tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 254.50 – 256.50 poin.