PT Best Profit Futures Malang

Bursa Saham Jepang Tergerus oleh Penguatan Yen

Japanese 10,000 yen bank notes and coins are displayed March 3, 2006. The yen fell on Friday after J..

Saham Jepang jatuh akibat penguatan yen melebihi optimisme bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih lambat dari perkiraan sebelumnya.

Indeks Topix turun sebesar 0.7 persen ke level 1,571.35 pada istirahat perdagangan sesi I, dengan tiga saham jatuh untuk setiap saham yang naik. Volume perdagangan mencapai 5.3 persen diatas intraday moving average 30 hari. Indeks saham Nikkei 225 Average jatuh 0,7 persen ke level 19,418.38. Yen ditransaksikan pada level 120,11 per dolar pacsa menguat sebesar 1 persen terhadap dolar pada Rabu kemarin, menyusul pernyataan The Fed, yang mendorong penguatan saham AS.

The Fed mengatakan kenaikan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade terakhir tidak mungkin untuk dilakukan pada bulan April mendatang dan tidak akan memperketat sampai “cukup yakin” dengan laju inflasi akan kembali menuju target bank sentral dan pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut. Bank sentral juga telah menghilangkan pernyataan akan “bersabar” dalam menaikan suku bunga. (izr)

Sumber : Bloomberg