PT Best Profit Futures Malang

Bursa Saham Eropa Ditutup Naik Untuk Hari Kelima

saham-eropa-5

BESTPROFIT FUTURES MALANG (23/12) – Saham Eropa ditutup menguat untuk hari kelima, dengan perusahaan perbankan memberikan kontribusi gain yang paling tajam.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,5% menjadi 341,97 pada sesi penutupan perdagangan di London, setelah sebelumnya menambahkan sebanyak 0,9%. Perusahaan pemberi pinjaman memberikan kontribusi gain yang paling tajam, dibantu oleh HSBC Holdings Plc dan Intesa Sanpaolo SpA. Saham energi membalikan kenaikan sebelumnya.

Indeks acuan telah reli sebesar 5,8% dalam lima hari terakhir, yang paling tajam dalam dua bulan terakhir. Indeks menguat 3% pekan lalu, merupakan lonjakan tertajam tahun ini dan peningkatan kelima dalam enam pekan terakhir. Reboundnya saham-saham energy dikrenakan The Fed mengatakan mungkin akan mempertahankan suku mendekati nol setidaknya sampai kuartal pertama, dan Swiss National Bank (SNB) memgumumkan suku bunga deposito negatif yang pertama sejak tahun 1970-an membantu memicu reli.

Spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan mulai membeli obligasi pemerintah mengirim Indeks Stoxx 600 naik 13% dari tahun ini yang level terendah pada bulan Oktober sampai hampir tujuh tahun tertinggi pada 5 Desember ini. Dan membukukan kemerosotan terburuk enam hari dalam tiga tahun seiring saham energi saham tergelincir diikuti harga minyak. Indeks Eropa telah kembali lebih dari setengah penurunannya dan berakhir pada minggu lalu sebesar 3% di bawah level tertingginya di bulan Desember.(yds)

Sumber: Bloomberg