PT Best Profit Futures Malang

Bursa Saham Asia Perpanjang Gain Setelah Indeks S&P 500 Catat Rekor

bursa-asia

BESTPROFIT FUTURES (02/07) – Bursa Saham Asia menguat, indeks acuan regional tersebut memperpanjnag gain dari level 6 tahun tertingginya, setelah rilis laporan menunjukkan bahwa kenaikan manufaktur China mengantarkan acuan ekuitas AS capai rekor penutupan baru.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0.3% ke level 146.69 pukul 9:01 pagi waktu Tokyo, menguat pada hari ke-3. Saham bahan bangunan dan konsumen pimpin gain. Hari ini Bursa Saham Hong Kong akan kembali dibuka setelah libur kemarin.

Indeks Topix Jepang menguat 0.5%, membawa gain selama 3 hari sebesar 2.3%. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0.5%. Indeks S&P/ASX 200 Australia menguat 0.3%, sementara Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0.1%.

Manufaktur China Juni lalu naik pada laju tertingginya sepanjang tahun 2014 ini, menurut PMI (purchasing manager index) yang dirilis pemerintah kemarin.

Indeks manufaktur AS dari The Institute for Supply Management Juni lalu berada pada angka 55.3 dibanding 55.4 di bulan sebelumnya, menurut rilis laporan kemarin dari Tempe yang merupakan grup berbasis di Arizona. Angka pembacaan diatas 50 mengindikasikan kenaikan. Sementara perkiraan rata-rata dari survey para ekonom oleh Bloomberg menyatakan 55.9.

Rilis data pekan ini akan memberikan petunjuk berlanjut pada kekuatan ekonomi AS. Sebuah rilis laporan dari swasta hari ini diperkirakan akan menunjukkan jumlah tenaga kerja di AS Juni lalu naik dibandingkan Mei lalu. Sementara data pekerjaan dari pemerintah akan dirilis besok, sehari menjelang hari libur guna memperingati U.S. Independence Day. (bgs)

Sumber : Bloomberg