PT Best Profit Futures Malang

Bursa Jepang Retreat dari 6 Tahun Tertinggi; Investor Fokus ke Pengumuman BOJ

topixjap-326x159
BESTPROFIT FUTURES (20/12) – Di hari perdagangan terakhir minggu ini bursa-bursa saham di kawasan Asia tampak bergerak mixed (20/12). Sentimen positif yang terjadi di Wall Street dan membawa Dow Jones kembali cetak rekor tampak dibayangi oleh sentiment negatif di mana para pelaku pasar khawatir mengenai kemungkinan kembali terjadinya kemelut likuiditasi di China seperti yang terjadi pada bulan Juni lalu.
Hari ini bursa saham Jepang terpantau mengalami penurunan. Nikkei retreat setelah kemarin mengalami kenaikan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam enam tahun. Para investor tampak berhati-hati jelang rilis kebijakan moneter BOJ yang dijadwalkan dilakukan hari ini. Meskipun tidak ada perubahan kebijakan yang diharapkan, pasar mengharapkan adanya sinyal mengenai stimulus tambahan.
Hari ini saham Panasonic menjadi fokus para pelaku pasar. Panasonic menjadi fokus setelah ada kabar bahwa perusahaan ini akan menutup dua pabrik semiconductornya di Jepang tahun depan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memotong produksi.
Indeks spot Nikkei pagi ini mengalami penurunan sebesar 67.57 poin atau 0.43 persen dan berada di posisi 15791.65 poin. Indeks berjangka Nikkei mengalami pembukaan pada posisi 15800, naik tipis sebesar 15 poin dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tampak bergerak cenderung melemah dan berada di posisi 15785.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa Jepang pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pergerakan yang terbatas. Untuk hari ini indeks berjangka tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 15700 – 15900 poin.