PT Best Profit Futures Malang

Bundesbank Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jerman

jerman2-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG () – Bank sentral Jerman atau biasa dikenal dengan sebutan Bundesbank, pekan lalu secara resmi menaikkan prospek pertumbuhan ekonomi negaranya dengan mengklaim bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman tahun ini dapat mencatat akselerasi karena jumlah permintaan domestiknya cukup kuat. Menguatnya laju permintaan domestik Jerman saat ini disebabkan oleh pulihnya pasar tenaga kerja baik dari segi kenaikan upah maupun ketersediaan jumlah lapangan pekerjaannya.

Sementara itu berdasarkan laporan lain yang dirilis Destatis pada pekan lalu juga terlihat bahwa jumlah order terhadap sejumlah pabrik di Jerman berhasil melampaui ekspektasi karena secara tiba-tiba jumlah permintaan luar negeri yang sejak awal melempem justru menguat tajam pada bulan April lalu.

Bundesbank memperkirakan laju produk domestik bruto (PDB) riil Jerman pada tahun 2015 ini akan tumbuh 1,7 persen, meningkat dari proyeksi sebelumnya yang hanya sebesar 1 persen. Sedangkan untuk tahun depan, pertumbuhan diproyeksikan menjadi 1,8 persen dari 1,6 persen. Meningkatnya proyeksi ini akan terjadi karena pulihnya tingkat permintaan domestik maupun asing, terutama dari kawasan euro.

Bundesbank melihat meski aktivitas perdagangan luar negeri saat ini sedang terhambat oleh melemahnya ekonomi global, namun depresiasi euro telah cukup memulihkan siklus dagang di kawasan euro dimana dengan melemahnya euro, otomatis laju ekspor akan terdorong. Dengan demikian selanjutnya, inflasi harga konsumen akan menguat. Oleh karena itu jika saat ini nilai tukar euro menguat justru akan menimbulkan risiko penurunan ekonomi. Ke depan, Pemerintah Jerman tetap akan memertahankan surplus sekitar 0,5 persen dari PDB.

Sumber : Vibiznews