PT Best Profit Futures Malang

Buang Sampah ke Tempatnya Bisa Dapat Wi-Fi Gratis

wifi

Menyadari kebutuhan internet dalam kehidupan sehari-hari, dua lulusan jurusan perniagaan memutuskan untuk memberikan Wi-Fi gratis kepada orang-orang dengan cara unik. Mereka menamainya “Wi-Fi Trash Bin” atau “Tong Sampah Wi-Fi”. Demikian seperti dilansir Firstpost, Rabu (19/08/2015).

“Ketika seseorang membuah sampah ke tempat sampah, tempat sampah tersebut akan memunculkan kode unik, yang dapat digunakan untuk mengakses Wi-Fi secara gratis”, kata Prateek Agarwal, salah satu dari dua pendiri inisiatif ini.

Agarwal dan rekannya Raj Desai, yang belajar pemrograman secara otodidaktik, bepergian secara luas ke negara-negara seperti Denmark, Finlandia, Singapura, dan lain-lain. Mereka menyadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan sangat memerlukan perubahan sikap orang-orangnya.

“Kami memetik banyak hal dari negara-negara seperti Finlandia, Denmark, Singapura, dan lain-lain, lalu memutuskan untuk membangun sebuah sistem yang mirip dengan itu,” ujar Pratik menambahkan.

Kedua orang yang berasal dari Mumbai ini mendapat ide tersebut saat mengunjungi NH7 Weekender, sebuah festival musik yang tersebar di sekitar area yang luas, dan sebagai festival musik, selain disajikan musik, makanan, dan minuman, juga ada banyak sampah.

“Kami butuh enam jam untuk menemukan teman-teman kami. Karena tidak ada jaringan, kami tidak bisa menjangkau mereka melalui telepon. Itulah yang memicu ide ini, dan kami pikir mengapa tidak memberikan Wi-Fi gratis bagi orang yang menggunakan hotspot,” kata Pratik.

Menjaga kebersihan tempat dan membantu untuk tetap terhubung dengan teman-teman mereka adalah pendorong utama di belakang proyek inovatif mereka.

Percobaan yang mereka danai sendiri, dengan dukungan operator MTS, terbukti sukses di berbagai festival Weekender yang diselenggarakan di Bangalore, Kolkata, dan Delhi. Namun pada saat ini ide mereka belum dijalankan.

(why/cas)