PT Best Profit Futures Malang

Best Profit | Pemimpin Arab meledakkan rencana Yerusalem Trump

Bestprofit PT Bestprofit Best Profit

Best Profit (6/12) – Presiden Donald Trump menggarisbawahi niatnya untuk memindahkan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem dalam seruan dengan serangkaian pemimpin Arab pada hari Selasa, memenuhi kecaman yang meluas dari wilayah tersebut dan seterusnya saat dia melakukannya.

Trump berbicara Selasa kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Abdel Fattah el-Sisi dari Mesir, Raja Arab Saudi Salman dan Raja Yordania Abdullah, yang meminta pernyataan dari negara masing-masing pemimpin menentang rencana tersebut, memperingatkan bahwa hal itu akan merusak stabilitas regional dan menyulap harapan akan perdamaian bagi masa depan yang bisa diduga.

Trump juga berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang telah lama melobi kedutaan untuk pindah ke Yerusalem.
Presiden diharapkan membuat pengumuman publik pada hari Rabu yang menyatakan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan maksudnya untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv, pejabat diplomatik dan orang yang akrab dengan rencana tersebut memberitahu CNN. Trump juga diperkirakan akan menandatangani pengabaian penundaan langkah kedutaan selama enam bulan, dengan alasan tantangan logistik untuk memindahkan personil AS.

Langkah tersebut mengguncang sekutu AS karena menghasilkan norma-norma internasional dan berpotensi mengacaukan wilayah tersebut. Mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dapat meningkatkan usaha yang dipimpin oleh menantu Trump, Jared Kushner, untuk menghidupkan kembali perundingan damai Timur Tengah; dapat memicu protes regional yang mungkin membuat personil militer dan diplomat AS berada dalam bahaya; dan bisa menyerahkan senjata propaganda ke kelompok militan dan Iran, kata para analis. best profit

Trump tidak diharapkan untuk merinci jadwal untuk memindahkan kedutaan, kata pejabat tersebut, namun akan membuat komitmen tegas untuk memenuhi janji kampanyenya untuk merelokasi fasilitas Amerika.

Para pejabat tersebut berbicara tanpa nama untuk menggambarkan rencana tersebut sebelum dipublikasikan. Mereka memperingatkan bahwa pejabat pemerintah masih mempertimbangkan keputusan Trump di Yerusalem pada tengah hari Selasa dan bahwa tidak ada keputusan yang final sampai Presiden mengumumkannya.

Meski begitu, reaksi cepat terjadi, dengan Yordania, Mesir, Arab Saudi dan Qatar mengkritik keputusan yang diantisipasi dan mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan kembali.

Para pemimpin Palestina menyerukan tiga “hari kemarahan” sebagai protes dan Departemen Luar Negeri mengeluarkan sebuah peringatan perjalanan tentang Tepi Barat dan Kota Tua Yerusalem, yang membatasi perjalanan pribadi dari personil AS dan keluarga mereka ke daerah-daerah tersebut.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, menggunakan penampilan pers dengan Sekretaris Negara Rex Tillerson untuk membuat ketidaksenangan Uni Eropa menjadi jelas. Tindakan apapun yang bisa merusak kesepakatan damai antara Israel dan Palestina “harus benar-benar dihindari,” kata Mogherini.

Pada hari Senin, Presiden Prancis Emmanuel Macron menekankan dalam sebuah telpon dengan Trump posisi internasional yang dipegang lama bahwa status Yerusalem harus diselesaikan melalui perundingan damai antara Israel dan Palestina, “dan terutama yang berkaitan dengan pembentukan dua negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan dengan Yerusalem sebagai ibukota mereka, “kata Menteri Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan. best profit

Administrasi itu sendiri bersiap untuk blowback. Dinas keamanan Departemen Luar Negeri diminta untuk mempersiapkan kerusuhan di misi di luar negeri dan Pentagon menempatkan kembali pasukan yang biasanya melindungi kedutaan untuk lebih dekat dengan negara-negara dimana demonstrasi dapat terjadi.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan keputusan tersebut merupakan hasil dari sebuah “proses antar-lembaga yang sangat bijaksana,” namun orang-orang yang mengetahui pertimbangan Gedung Putih menggambarkannya sebagai didorong oleh keprihatinan politik domestik Trump.
Presiden semakin khawatir kehilangan basis politiknya dan menegaskan bahwa dia harus dipandang memenuhi janji-janji kampanye terhadap Israel, merupakan bagian dari upaya yang dia lakukan dalam beberapa minggu terakhir untuk menggalang dukungan konservatif, menurut seseorang yang akrab dengan pertimbangan Gedung Putih. .

Sumber yang sama juga menyatakan bahwa Presiden melihat isu Yerusalem sebagai kunci untuk menenangkan kekhawatiran di antara pendukung utamanya bahwa dia bersikap lunak terhadap posisi kampanyenya.

Ketika ditanya apakah Trump telah memutuskan apakah dia akan memindahkan kedutaan ke Yerusalem, Sanders mengatakan kepada wartawan Selasa sore bahwa dia “cukup solid dalam pemikirannya saat ini.” best profit

Sebelumnya, presiden AS berjanji untuk memindahkan kedutaan dan kemudian menetapkannya karena masalah regional dan status yang diperebutkan antara Israel dan Palestina, keduanya mengklaim kota suci itu sebagai ibukota mereka.

Berdasarkan Undang-Undang Kedutaan Besar Yerusalem tahun 1995, kedutaan AS harus dipindahkan ke Yerusalem atau Departemen Luar Negeri menghadapi hukuman karena kehilangan separuh dana yang dialokasikan untuk akuisisi dan pemeliharaan bangunan di luar negeri. Setiap enam bulan, bagaimanapun, presiden dapat menandatangani pengabaian untuk menghindari hukuman atas dasar keamanan nasional.

Perlawanan dari sekutu dilaporkan menyebabkan beberapa perdebatan di dalam Gedung Putih mengenai bagaimana menyeimbangkan langkah tersebut dengan pengakuan klaim Palestina ke Yerusalem, menurut sumber yang mengetahui situasi tersebut.
Sementara itu, kekhawatiran politik pribadi Presiden tidak akan mempengaruhi sekutu asing yang bisa terkena dampak langsung dari keputusan tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa bahwa pengakuan atas Yerusalem, secara keseluruhan atau sebagian, akan menjadi “garis merah bagi Turki” dan dapat menyebabkan Ankara memotong hubungan diplomatik dengan Israel.

Sisi Mesir mendesak Trump untuk tidak mengambil “keputusan yang akan merusak peluang perdamaian di Timur Tengah,” kata kementerian luar negeri tersebut. Qatar “sama sekali menolak tindakan apapun yang menyerukan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata kantor berita resminya. best profit

Arab Saudi memperingatkan bahwa pengumuman tersebut dapat “memperluas dampak riak regional dengan lebih memperumit konflik Palestina-Israel; menghalangi proses perdamaian yang sedang berlangsung, dan memprovokasi sentimen dari komunitas Muslim global.”
“Saya belum pernah mendengar ada yang mengartikulasikan satu kepentingan keamanan nasional mengapa sekarang,” kata Hussein Ibish, seorang ilmuwan penduduk senior di Institut Negara Teluk Arab. “Itu belum selesai, semua orang tahu mengapa hal itu tidak dilakukan, itu ide yang buruk dan tetap ide yang buruk.”

Dan sementara Yerusalem berfungsi sebagai ibukota Israel de facto, David Makovsky, direktur Proyek Proses Perdamaian Timur Tengah di Institut Washington untuk Kebijakan Timur Dekat, mengatakan sebuah pengumuman akan membunuh peluang kesepakatan damai.

“Ada sebuah peradilan bersejarah di dalamnya, di mana setiap presiden, Demokrat atau Republikan, berbicara di Knesset,” kata Makovsky, merujuk pada parlemen Israel. “Pengusaha AS secara rutin melakukan bisnis dengan orang-orang Israel di ibukota mereka. Itu telah menjadi kenyataan sejak 1949, namun jika Anda mengatakan bahwa Anda mengenali sebuah modal yang tidak terbagi, Anda telah menyelesaikan negosiasi damai.”

Shibley Telhami, seorang profesor di University of Maryland, mengatakan sebuah pengumuman akan dijadikan sebagai makanan propaganda bagi ekstremis. “Ini memainkan ke dalam tangan setiap kelompok militan Islam yang mungkin ada. Ia bermain di tangan Iran,” kata Telhami, yang membuat lebih sulit bagi negara-negara Teluk yang mungkin dapat berbagi tujuan keamanan dengan Israel untuk secara terbuka bekerja sama. “Itu membuat situasi masing-masing pemerintah semakin ketat, apalagi apa yang terjadi pada tentara Amerika yang ditempatkan di wilayah ini.” best profit

Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan