PT Best Profit Futures Malang

Berjangka Asia Anjlok Terkait Kekhawatiran di Eropa

130619_bursa-asia

BESTPROFIT FUTURES (11/07) – Indeks berjangka Asia memimpin penurunan diantara saham global akibat tekanan keuangan di perusahaan perbankan Portugis menghidupkan kembali kekhawatiran ekonomi Eropa. Yen dan emas mempertahankan gain di tengah permintaan untuk haven asset, sementara ringgit Malaysia meneruskan penguatan setelah tingkat suku bunga dinaikkan.

Nikkei 225 Stock Average berjangka kehilangan 1 persen di pre-market Osaka, setelah meluncur 1,5 persen di sesi terakhir perdagangan, di Chicago. Berjangka pada indeks dari Australia hingga Hong Kong turun setidaknya 0,3 persen. Standard & Poor 500 sedikit berubah pada pukul 08:14 pagi di Tokyo setelah indeks tersebut berakhir turun 0,4 persen. Yen berada di dekat tertinggi tujuh minggu dan emas diperdagangkan pada level $ 1,335.59 per ons setelah menyentuh harga tertinggi sejak Maret. Ringgit meneruskan penguatan sebesar 0,2 persen.

Obligasi negara penghutang terbesar di Eropa turun kemarin setelah induk perusahaan dari Banco Espirito Santo SA, pemberi pinjaman terbesar kedua di Portugal, melewatkan pembayaran pinjaman, meningkatkan kekhawatiran di Eropa masih rentan terhadap guncangan di tengah krisis utang yang melanda. Saham global kembali turun didorong oleh spekulasi saham yang dinilai terlalu tinggi dan naiknya Treasuries. Indeks MSCI Asia Pasifik menuju penurunan mingguan pertama dalam dua bulan terakhir, setelah mencapai tertinggi enam tahun pada 7 Juli.(frk)

Sumber: Bloomberg