Bagian Industri Batam telah dijaga ketat

news

Sejumlah kawasan industri di Batam, seperti Batamindo, Panbil, Cammo, dan Tunas, hari ini dijaga ketat untuk mengantisipasi aksi sweeping pekerja saat peringatan Hari Buruh.

Di Batamindo, Mukakuning Batam, dari lima pintu akses ke kawasan industri terbesar di Batam tersebut hanya dua yang dibuka dengan pengawalan ketat dan pagar kawat berduri, tiga lainnya ditutup.

Petugas memeriksa setiap orang yang hendak masuk ke perusahaan, terutama yang tidak menggunakan pakaian pekerja.

Di kawasan Panbil yang berdekatan dengan Batamindo, satu-satunya akses masuk juga dijaga ketat. Di depan pintu masuk terdapat tenda bagi petugas TNI-AD yang turut menjaga kawasan.

Sejumlah petugas kepolisian juga nampak turut menjaga kawasan yang berdekatan dengan mal dan perumahan mewah tersebut.

Sementara itu, di kawasan Cammo Industrial Park Batam Centre nampak lenggang. Pagar tertutup rapat ditambah dengan barikade kawat berduri.

Aksi peringatan hari buruh Kota Batam dipusatkan di Kawasan Temenggung Abdul Jamal Mukakuning. Ribuan massa buruh sudah berkumpul untuk mengadakan rapat akbar.

Buruh menyampaikan 10 tuntutan diantarannya penghapusan pekerja alih daya, kenaikan UMK 2014 sebesar 30 persen, jaminan hari tua, dan perbaikan sistem jaminan kesehatan.

“Kami tidak akan berhenti menyuarakan itu semua sampai buruh sejahtera. Kami tidak akan berjuang sampai tuntutan dikabulkan,” kata Koordinator Garda Metal FSPMI Kota Batam, Suprapto.

Meski melibatkan ribuan massa buruh, namun peringatan hari buruh internasional pada 2014 tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Sumber dari www.antaranews.com