PT Best Profit Futures Malang

Aussie Ditetapkan Untuk Enam Tahun Terendahnya Jelang Pertemuan RBA

australia_map

BESTPROFIT FUTURES MALANG (4/8) – Dolar Australia mendekati level terendahnya enam tahun sebelum Reserve Bank of Australia menetapkan suku bunga, dengan investor yang menunggu indikasi dari pandangan pembuat kebijakan pada ekonomi.

Aussie tergelincir bersama mata uang komoditas lainnya pada hari Senin setelah hasil mengecewakan dari data manufaktur di China sejak 1 Agustus kemarin yang merupakan pekan kekhawatiran terdalam bahwa permintaan untuk bahan baku akan berkurang dalam perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut. Dolar Selandia Baru bertahan pada penurunan empat hari sebelum lelang untuk susu bubuk. Dolar Kanada menetap di dekat level terendahnya 11-tahun terakhir.

Dolar Australia turun 0,2 persen menjadi 72,72 sen AS pada 8:54 pagi di Tokyo. Mata uang tersebut menyentuh 72,35 pada tanggal 31 Juli lalu, terendahnya sejak 2009 silam. kiwi Selandia Baru berada di 65,63, atau kurang dari satu sen di atas level terendahnya enam tahun sebesar 64,99 pada 16 Juli lalu.

Loonie Kanada sedikit berubah pada C $ 1,3157 per dolar, setelah mencapai C $ 1,3176 kemarin, terendahnya sejak tahun 2004.

Ketiga mata uang tersebut mengalami penurunan pada Senin kemarin seiring jatuhnya Bloomberg Commodity Index ke tingkat yang lama tidak terlihat dalam 13 tahun terakhir, setelah indeks pabrik resmi China turun ke level terendahnya lima bulan pada 1 Agustus kemarin sementara indeks swasta turun ke level terendahnya dalam dua tahun pada Senin kemarin.

Reserve Bank of Australia akan mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah di 2 persen pada pertemuan kebijakan hari ini, menurut semua kecuali tiga dari ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Data perdagangan dan penjualan ritel Australia akan dirilis sebelum sebelum keputusan RBA.(mrv)

Sumber: Bloomberg