PT Best Profit Futures Malang

Atasi Sakit Kepala dengan Beli Rujak Pedas

Kepala Anda sakit berdenyut-denyut sampai tak tertahankan? Santap makanan pedas yang dibubuhi cabai rawit atau lada.

Misalnya rujak manis, sambal bersama lalap sayuran mentah, atau sup panas pedas merica. Karena makanan pedas dapat membantu meringankan beberapa penyakit, salah satunya sakit kepala.

Rujak manis atau sambal lalap lebih baik, karena buah-buahan dan sayuran mentah kaya vitamin C. Senyawa biang rasa pedas akan meredam aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf, sehingga beban rasa sakit akan berkurang.

Biang rasa pedas dalam cabai disebut capsaicin, sedangkan yang ada dalam merica adalah khavisin. Tambahan konsumsi vitamin C pada saat bersamaan akan meningkatkan efektivitas khasiat obatnya. Apalagi jika makanan pedas tersebut disantap hangat.

Selain menyembuhkan sakit kepala, cabai maupun merica dapat mengencerkan lendir hidung dan tenggorokan. Oleh karena itu, para ahli herbal sering menganjurkan penderita influenza, tenggorokan tersumbat, atau sinusitis untuk menyantap makanan pedas.

Selain itu, studi juga membuktikan bahwa cabe dapat mengurangi risiko kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bahkan dapat menyembuhkan luka.

Adalah Dr Khursheed Jeejeebhoy, ahli penyakit dalam dari University of Toronto ini menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Menurutnya, mengonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan sangat baik bagi kesehatan dan mengurangi risiko kanker.

Sedangkan hasil penelitian laboratorium di Inggris menemukan, kandungan capsaicin pada cabai yang menimbulkan rasa pedas, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Jadi tidak heran mengapa beberapa kasus kanker di Meksiko dan India, yang masyarakatnya banyak mengonsumsi makanan pedas, lebih sedikit dibandingkan negara-negara Barat, yang masyarakatnya cenderung tidak suka makanan pedas.

Namun, orang-orang yang mempunyai gangguan pencernaan seperti sakit maag harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan pedas, agar sakit maag yang diderita tidak semakin parah.

Sumber dari id.she.yahoo.com