PT Best Profit Futures Malang

Apple Paling Banyak Raup Untung di Pasar Gadget Dunia

034368100_1423191544-iphone_6

BESTPROFIT FUTURES MALANG (14/7) – Apple dinobatkan sebagai perusahaan yang paling banyak meraup keuntungan di pasar perangkat mobile, menurut riset Canaccord Genuity.

Dipaparkan lebih lanjut, Apple diklaim mampu menguasai hingga 92% dari total keuntungan yang dihasilkan pasar perangkat mobile di kuartal pertama tahun 2015. Sementara Samsung berada di posisi kedua dengan menguasai 15% total keuntungan.

Dalam laporan Canaccord Genuity dijelaskan, keuntungan gabungan Samsung dan Apple tercatat melebihi 100% karena tidak semua vendor mampu mencatatkan keuntungan. Beberapa di antara mereka bahkan mengalami kerugian.

Mengutip laman Wall Street Journall, Selasa (14/7/2015), kunci sukses Apple dalam memperoleh keuntungan di pasar mobile adalah mereka konsisten bermain di segmen pasar premium. Apple selalu menjual produknya dengan harga tinggi, yang stabil dari tiap generasinya.

Bila dikalkulasikan, harga rata produk iPhone secara global di tahun 2014 lalu mencapai US$ 624, sementara harga rata-rata smartphone Android hanya US$ 185.

Apple juga berhasil mencatatkan kenaikan penjualan iPhone sebesar 43% dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu.

Apple sendiri terlihat terus memiliki tren positif karena dikabarkan telah memesan suplai iPhone generasi mendatang dalam jumlah lebih banyak daripada yang pernah dipesan sebelumnya.

Di sisi lain, Samsung, HTC, hingga Microsoft diperkirakan mengalami penurunan keuntungan di pasar perangkat mobile karena harus bersaing dengan perangkat Android asal China yang dibanderol dengan harga terjangkau.

(dhi/isk)

Sumber : Liputan6